Rabu, 29 Februari 2012

beberapa contoh permainan tradisional dari KOREA



Setiap Negara pasti punya permainan rakyat. Sebagian dari kamu kena dong sama permainan khas negeri kita kayak congklak , bekel , kelereng , galasin , dan gasing. Di KOREA juga sama. Nih , perkenalan beberapa contoh permainan tradisional dari KOREA.

  • YUNNORI
Yunnori atau Yutnori adalah permainan rakyat yang paling popular di di Korea. Saking serunya main Yunnori, hamper semua orang menyukainya, ya tua-muda, cowok-cewek juga. Padahal kalo baru belajar memainkannya, cukup rumit juga lho.
Main Yunnori membutuhkan empat batang kayu yang biyasa disebut Yut. Setiap batang panjangnya enam inci lebarnya satu inci, serta memiliki satu sisi datar dan melengkung. Bisa dimainkan oleh dua orang atau dua tim yang bermain giliran.

  • KANGGANSULAE
Kanggansulae bukan sekedar permainan, karena berupa tarian juga dan dilakukan ditepi pantai atau dipadang rumput. Terus permainan dan penarinya cuma cewek. Mereka berkumpul lalu membentuk lingkaran sambil berpegangan tangan. Salah seorang perempuan yang bersuara merdu mulai menyanyikan lagu “Kanggansulae” lagu tradisional Korea. Teman-temannya lalu mengikutinya menyanyi. Melodi awal lagu tersebut memang lambat, tetapi secara betahap menjadi semakin cepat. Gera dan tarinya tentu disesuaikan dengan irama lagunya.

  • NOLTTWIGI
Permainan yang satu ini mirip sama yuang dulu kita mainan waktu masih anak-anak neh. Namanya, Nolttwigi atau populernya dengan ebutan jungkat-jungkit. Hanya, bedanya kalau di Indonesia permainan ini dilakukan dengan posisi duduk. Sedangkan di korea dimainkan dengan cara berdiri. Anak-anak Korea memainkan permainan ini hanya pada hariraya Tahun Baru.

0 komentar:

Posting Komentar